JALURINFO.COM, MAROS,-Yayasan Hadji Kalla salurkan bantuan sound sistem di masjid pondok pesantren Ulumul Quran DDI Hasanuddin Maros, Sabtu 27 Juli 2024.

Kegiatan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan pelaksanaan pelatihan cara pemasangan sound sistem.

Acara langsung dibuka oleh salah seorang teknisi dari Yayasan Hadji Kalla, Iswan.

Pada kesempatan itu Iswan menyatakan bahwa bantuan tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan telah disalurkan kepada lebih dari 1800 masjid dan Pondok Pesantren di Sulawesi.

Iswan mengatakan bahwa Ide bantuan sound sistem ini bermula sekitar tahun 2015 ketika Owner Kalla Group, Bapak H. Jusuf Kalla melewati sebuah masjid di Kabupaten Barru yang mendengar suara sound sistemnya yang kurang bagus .

Dari situlah lahirlah ide program bantuan sound sistem masjid tersebut mulai dicanangkan hingga sekarang.

Iswan mengungkapkan bahwa awalnya Yayasan Hadji Kalla memberikan bantuan sound sistem sekaligus pemasangan langsung dilakukan oleh teknisi dari Yayasan Hadji Kalla.

Ide kemudian berkembang untuk memberikan pelatihan langsung kepada penerima bantuan.

Pada pelatihan tersebut Iswan selaku teknisi menerangkan bahwa sangat penting memahami prinsip dasar dalam pemasangan sound sistem karena akan berpengaruh usia maupun ketahanan alat.

Pada kesempatan yang sama, Mukhlis selaku teknisi senior mengungkapkan hal yang senada.

“Kita harus mengetahui cara instalasi sound sistem yang benar, tidak boleh berprinsip yang pentung bunyi karena bisa merusak alat “, ungkapnya.

Pelatihan tersebut diikuti oleh perwakilan masjid dan pondok pesantren sebagai penerima bantuan sound sistem.

Salah seorang peserta pelatihan sekaligus penerima bantuan, Amirullah dari Ponpes Annur Tompobulu Maros sangat berterima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla.

“Sangat membantu sekali soalnya bukan cuma dapat sound sistem tapi bisa juga langsung praktek disini cara pemasangan instalasi yang baik dan benar”. ungkapnya.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan langsung kepada 6 perwakilan masjid dan pondok pesantren yakni Ponpes Annur Tompobulu, Ponpes Ulumul Quran, Ponpes Immim dan 3 perwakilan masjid lainnya. (*)